Home Berita Unik Fakta-Fakta Mengenai Mars

Sejak jaman dahulu orang-orang selalu tertarik dengan Mars. Peradapan mesir masa lampau menyebutnya “Si Merah”, orang babelonia menyebut “Bintang Kematian”. Dan orang romawi memberikan nama “Mars”, juga dikenal sebagai dewa perangnya orang romawi. Menurut mitos Romawi, Mars menunggang sebuah kereta ditarik oleh dua kuda bernama Phobos dan Deimos (arti takut dan panik). Dua bulan kecil Mars yang dinamai dua kuda mitos. Berikut adalah fakta-fakta mengenai planet Mars.

  1. Mars terletak pada jarak 227.940.000 km dari matahari.
  2. 1 Hari Mars matahari adalah 24 jam, 39 menit dan 35 detik.
  3. 1 Tahun Mars adalah setara dengan 686,98 Hari Bumi.
  4. Mars mengelilingi matahari dalam orbit oval.
  5. Mars adalah lansekap yang merah dan berdebu. Penampilan, merah menyala Mars disebabkan oleh oksida besi (karat) pada permukaannya dan banyak gas.
  6. Mars punya dua satelit yang bernama Phobos dan Deimos
  7. Mars terdiri dari besi, ditutupi oleh batuan dan kemudian lapisan tipis atmosfer.
  8. Karbon dioksida, nitrogen, dan jejak oksigen merupakan atmosfer di Mars.
  9. Mars disebut sebagai Planet Merah karena warna yang berbeda merah.
  10. Diameter khatulistiwa adalah sekitar 4228 mil, setengah lbeih sedikit dari Bumi.
  11. Mars memiliki kira-kira luas permukaan yang sama dari bumi, tetapi jauh kurang padat.
  12. Mars adalah planet yang lebih “ringan” daripada Bumi, hanya memiliki 11 persen dari massa Bumi. Seorang dengan berat 100 Kg akan beratnya 38 Kg di Mars.
  13. Mars memiliki kisaran suhu volatil (naik turun) dari hari ke hari dan menit ke menit, umumnya bisa berubah hingga 20 derajat dalam beberapa menit.
  14. Permukaan suhu di Mars dapat benar-benar menakjubkan! Suhu bisa mendapatkan serendah – 153 C di kutub. Pada pertengahan garis lintang, suhu rata-rata akan menjadi sekitar -50 derajat. Suhu tertinggi di Mars mungkin mencapai tinggi sekitar 70 derajat Fahrenheit (20 derajat Celcius) pada siang hari dekat khatulistiwa.
  15. Ciri-ciri fisik dari planet ini memiliki 3 lapisan utama, kerak, mantel dan inti, kita memotong bumi sampai seperti ini juga.
  16. Lapisan mantelnya seperti Bumi, terbentuk dari batu.
  17. Lapisan inti terdiri dari besi, nikel, dan belerang.
  18. Mars memiliki musim seperti Bumi karena miring pada porosnya sama sperti bumi.
  19. Mars tampaknya tidak memiliki lempeng tektonik yang aktif.
  20. Sama seperti Bumi, Mars memiliki selubung es di kutub utara dan selatan. Lebih penting lagi, luas kutub cenderung tambah dan berkurang ukurannya tergantung pada musim. Ini menunjukan ciri siklus air, namun belum bisa dipahami
  21. Memiliki gunung terbesar di tata surya, yaitu Olympus Mons. Ia berdiri di ketinggian 24 km (78.000 kaki) dengan luas sekitar 600 km. yang hampir 3 kali lebih besar dari Gunung Everest.
  22. Sebuah sistem ngarai, Valles Marineris di atas permukaan Mars. Hal ini tersebar di hampir 2.500 mil (4000 km). Panjang ngarai ini bisa menjapai 200 km dan lebar 6 km.
  23. Bukti menunjukkan bahwa Mars mungkin pernah memiliki sungai, sungai, danau, dan bahkan laut. Mungkin telah ada sekitar 4 miliar tahun lalu. Hal ini menyebabkan para ilmuwan untuk percaya bahwa Mars mendukung kehidupan beberapa miliar tahun yang lalu.
Similar articles
0 450