Home Agama Hukum Memberi Sedekah Pada Pengemis

 Assalamuallaikum Wr. Wb

Yang terhormat Ustad Navis. Saya seorang pekeria yang sering berkeliling dijalanan. Sehingga saya kerap melihat para pengemis yang biasa mangkal di dekat traffic light. Saya juga sering merasa iba kepada para pengemis tersebut, meski rata-rata mereka masih muda dan sêpintas masih nampak sehat.

Sebagai seorang muslim, saya ingin membantu mereka dengan memberikan sebagian rejeki saya. Tapi saya ragu, selain ada himbauan pemerintah untuk tidak memberikan mereka uang, juga saya khawatir apabila pemberian saya mereka gunakan untuk hal-hal yang kurang balk (membeli rokok minuman keras dan lainnya).

Yang ingin saya tanyakan:

  1.  Apa hukumnya, kita memberi sedekah yang kita tidak tahu digunakan untuk apa?
  2.  Bolehkah dalam Islam, memberikan sedekah untuk pengemis dipinggir jalan, meski fisik mereka terlihat masih mampu untuk bekerja?

Demikian pertanyaan dari saya. Atas perhatian dan jawaban Ustad Navis, saya ucapkan terimakasih.

 Assalamuallaikum Wr. Wb

Giono

Jawaban:

Walaikumusalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Mas Giono yang saya hormati. Memang kita dianjurkan untuk peduli kepada orang lain dengan memberikan sebagian harta kita kepada orang yang membutuhkannya , baik itu berupa sedekah, infaq dan zakat.

Adapun hukum memberi uang kepada pengemis dapat dianggap bersedekah. Maka hukumnya sunnah, karena bersedekah hokum asalnya sunnah.

Dalil Al-Q.ur’an antara lain

(artinya): “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. (Q.S Al Baqarah [2]:245).

Namun hukum asal sunnah ini bisa berubah, bergantung pada kondisinya. Sedekah dapat menjadi wajib. Misalnya ada pengemis dalam kondisi darurat (mudhthar). Yakni sudah kelaparan dan tak punya makanan sedikit pun, sedang pemberi sedekah mempunyal kelebihan makananan setelah tercukupi kebutuhannya.

(Wahbah Zuhaili, Al-Fiqh Al-Islami waAdijatuhU, 3/390).

Dalam kondisi seperti ini, sedekah wajib hukumnya. Sebab jika tak ada cara lain menolongnya kecuali bersedekah, maka sedekah menjadi wajib, sesuai kaidah fiqih. Juga sedekah dapat menjadi haram hukumnya, jika diketahui
pengemiS itu akan menggunakan sedekah itu untuk kemaksiatan.

(Wahbah Zuhaili, Al-Fiqh Al-Islami waAdijatuhU, 3/390).

Misalnya, dlgunakan untuk berjudi, berzina atau minum khamr. Sedekah dalam kondisi ini menjari haram, karena telah terjadi perantaraan(wasilah) pada yang haram.

Kadah fikih menyebutkan,

Alwasila ila al-haram haram ( Segala perataraan menuju yg haram adalah haram hukumnya)

M. Shidqi al-Burnu,Mausu’ah al-Qawa’id al-Fiqiyyah 12/200
Sedekah pada pengemis juga bisa menjadi haram, jika dikatahui dab diyakini bahwa dia termasuk bukan orang-orang yang diperbolehkan mengemis. Dalam hal ini ada dalil khusus yang mengharamkan meminta-minta, kecuali tiga golongan.

Sabda Nabi SAW,“Meminta mita tidaklah halal kecuali untuk tiga golongan orang fakir yang sangat sengsara (dzi faqr mudqi’), orang yang terlilit utang (dzi ghurm mufzhi) dan orang yang berkeWajiban membayar diyat (dzi damm muuji’).”

(HR Abu Dawud no 1398; TirmidZi no 590; lbnu Majah no 2198).

Jadi kalau seorang pengemis sbenarnya bukan orang miskin, haram baginya meinta-minta. Demikian pula pemberi sedekah, haram memberikan sedekah kepadanya, jika dia mengetahuinya.

Dalam kondisi ini pemberi sedekah turut melakukan keharaman, karena dianggap membantu pengemis tersebut berbuat haram.

Mas Giono. Jika anda melihat pengemis di jalan yang tidak tahu akan digunakan untuk apa? Dan juga ada kekhawatiran digunakan untuk kemaksiatan, bahkan fisiknya pengemiS masih kuat untuk bekerja, maka sebaiknya tidak memberi sedekah pada pengemis itu. Dan lebih baik sedekah anda disalurkan ke yayasan atau lembaga yang mengelola sedekah yang kredibel, agar sedekah itu tepat sasaran dan lebih berguna.

Wailahu a’lam.

Sumber: Majalah Yatim Mandiri Februari 2012

Incoming search terms:

  • sedekah pada pengemis
  • memberi sedekah dengan pengemis
  • hukum memberi uang pada pengemis
  • Manfaat memberi sedekah kepada pengemis
  • hukum memberi uang kepada pengemis
  • bolehkah kt ngasih uang ke pengemis tp msh sehat
  • hukum memberi pengemis di jalan
  • hukum bersodakoh rokok
  • memberi sedekah kepada pengemis
  • Bolehkah ngasih pengemis
Similar articles