Home Kesehatan Jangan Tidur Bersama Dengan Bayi Anda

Menurut sebuah studi baru, Sudden infant death syndrome (SIDS) Atau sindrom kematian mendadak resikonya lima kali lebih tinggi apabila orang tua tidur bersama bayi nya.

Para peneliti inggris mencatat, tidur bersama anak meningkatkan resiko SIDS meskipun orang tua tidak minum alkohol, menggunakan obat terlarang ataupun merokok. Kebanyakan kasus SIDS terjadi pada negara-negara, dimana kebanyakan orang tua tidur bersama bayi mereka. Kasus SIDS jarang terjadi pada negara-negara yang orang tuanya membiarkan bayi tidur sendiri.

Di Amerika, para orang tau disarankan untuk tidak tidur dengan bayi yang berumur kurang dari 3 bulan. Namun di Inggris, hanya mereka yang merokok, menggunakan obat dan peminum alkohol yang disarankan melakukan hal yang sama. Ternyata angka SIDS Inggris lebih besar dari Amerika, berdasarkan temuan mereka para peneliti sangat menyarankan pola tidur orang tua amerika untuk disarankan di Inggris juga.

Penelitian yang dipimpin oleh Robert Carpenter, seorang profesor di London School of Hygiene dan Tropical Medicine, melibatkan data 1.472 kasus SIDS dan 4.679 “kontrol” yang diterbitkan dalam lima set data yang berbeda dari Inggris, Eropa dan Australasia.

81 persen kematian SIDS pada bayi di bawah usia 3 bulan bisa dicegah dengan tidak tidur bersama bayi. Dalam kasus dimana orang tua tidak merokok, bayi itu disusui dan ibu tidak minum atau menggunakan narkoba, risiko SIDS masih lima kali lebih tinggi daripada jika bayi tidur di tempat yang berbeda. Para penulis penelitian menunjukkan bahwa 22 persen orang tua dari bayi yang meninggal akibat SIDS telah tidur dengan anak mereka pada saat bayi mereka meninggal.

Para peneliti juga melaporkan risiko SIDS semakin turun sesuai dengan umur mayi. Namun, mereka mencatat, risiko jauh lebih tinggi jika salah satu orang tua merokok, atau jika ibu minum alkohol setidaknya dua gelas dalam waktu 24 jam atau telah menggunakan obat-obatan terlarang, seperti ganja.

penulis studi memperkirakan bahwa sekitar separuh kasus SIDS terjadi ketika co-sleeping.

Similar articles