Home Sains Kamera Tembus Pandang Ala Superman

Suatu saat smartphone bisa menyaingi superman yang memiliki kemampuan pengelihatan x-ray, dimana dia bisa melihat apapun objek dibalik benda apapun. Berkat penemuan microchip baru dan murah ini, smartphone anda bisa digunakan untuk melihat objek secara tembus pandang.

Microchip ini memancarkan radiasi Terahertz ( T-rays ) yang bisa menembus bahan padat tanpa memeliki efek merusak sperti halnya “X-ray”. Menurut peneliti dari Institut Teknologi California, “Chip ini bisa digunakan sebagai scanner portable, dimana bisa menemukan silet yang tersembunyi dalam plastik, atau mengetahui kadar lemak ayam. Jika untuk perangkat besar bisa digunakan untuk scaner koper seperti yang digunakan di bandara saat ini”

Ali Hajimiri seorang insinyur listrik dari Caltech mengatakan, ” Teknologi ini mengunakan biaya yang rendah dan bisa dipadukan dengan ponsel. Kami telah membuat chip silikon yang dapat beroperasi dengan keceptan 300 kali lebih cepat daripada teknologi yang ada pada saat ini”

microchip t-ray

microchip t-ray hanya seukuran setengah kuku

Hyperspeed microchip ini dapat mengeluarkan sinyal Terahertz lebih dari 1000 kali lebih kuat daripada metode masa lalu, serta sinyal bisa langsung menuju target yang di inginkan. Microchip ini bisa digunakan untuk menyusutkan alat scaner yang berukuran besar seperti saat ini. Untuk mendeteksi kanker, mungkin pengguna hanya perlu smartphone untuk tahu bahwa dirinya masih sehat atau memiliki kanker.

Tim dari Caltech menemui masalah pada transitor standar ( elemen kecil yg bertanggung jawab pada perhitungan komputasi ) dimana tida mampu berkerja pada frekuensi Terahertz. Transistor tersebut gagal memperkuat sinyal pada tingkat tertentu (frekuensi cutoff). Untuk mengatasi masalah tersebut, tim gabungan bekerja sama untuk meningkatkan sinyal transistor secara keseluruhan. Mereka rinci pekerjaan mereka dalam edisi Desember Journal of IEEE Solid-State Circuits.

T-ray optimis akan menjadi sebuah teknologi masa depan, yang bisa bekerja selayaknya alat pemindai medis ala Star Trek ( tricoders ). Chip ini juga menjadi jawaban dari tantangan The X Prize Foundation yang menawarkan hadiah $10.000.0000 bagi yang bisa membuat alat semacam “tricoders Star Trek” seperti yang mereka umumkan di website . Micropchip baru ini masih sangat mungkin untuk dikembangkan secara berkelanjutan untuk alat-alat rumah tangga, medis dan militer.

Incoming search terms:

  • jilbab tembus pandang
  • jilbab x ray
  • camera tembus pandang pada muslimah
  • kamera tembus pandang for smartphone
  • nama benda yang berawalan huruf x