Home Agama Membumikan al-Quran I

Al-Quran Al-Karim memperkenalkan dirinya dengan berbagai ciri dan sifat. Salah satu di antaranya adalah bahwa ia merupakan kitab yang keotentikannya dijamin oleh Allah, dan ia adalah kitab yang selalu dipelihara. Inna nahnu nazzalna al-dzikra wa inna lahu lahafizhun (Sesungguhnya Kami yang menurunkan Al-Quran dan Kamilah Pemelihara pemelihara-Nya) (QS 15:9).

Demikianlah Allah menjamin keotentikan Al-Quran,jaminan yang diberikan atas dasar Kemahakuasaan dan Kemahatahuan-Nya, serta berkat upaya-upaya yang dilakukan oleh makhluk-makhluk-Nya, terutama oleh manusia. Dengan jaminan ayat di atas, setiap Muslim percaya bahwa apa yang dibaca dan didengarnya sebagai Al-Quran tidak . berbeda sedikit pun dengan apa yang pernah dibaca oleh Rasulullah saw., dan yang didengar serta dibaca oleh para sahabat Nabi saw.

Tetapi, dapatkah kepercayaan itu didukung oleh bukti-bukti lain? Dan, dapatkah bukti-bukti itu meyakinkan manusia, termasuk mereka yang tidak percaya akan jaminan Allah di atas? Tanpa ragu kita mengiyakan pertanyaan di atas, karena seperti yang ditulis oleh almarhum Abdul-Halim Mahmud, mantan Syaikh Al-Azhar: “Para orientalis yang dan saat ke saat berusaha menunjukkan kelemahan Al-Quran, tidak mendapatkan celah untuk meragukan keotentikannya. Hal inidisebabkan oleh bukti-bukti kesejarahan yang mengantarkan mereka kepada kesimpulan tersebut.

Bukti-bukti dar Al-Quran Sendiri

Sebelum menguraikan bukti-bukti kesejarahan, ada baiknya saya kutipkan pendapat seorang ulama besar Syi’ah kontemporer, Muhammad Husain Al-Thabathaba’iy, yang menyatakan bahwa sejarah Al Quran demikian jelas dan terbuka, sejak turunnya sampai masa kini.

Ia dibaca oleh kaum Muslim sejak dahulu sampai sekarang, sehingga pada hakikatnya Al-Quran tidak membutuhkan sejarah untuk membuktikan keotentikannya. Kitab Suci tersebut — lanjut Thabathaba’iy – memperkenalkan dirinya sebagai Firman-firman Allah dan membukti kan hal tersebut dengan menantang siapa pun untuk menyusun seperti keadaannya. Ini sudah cukup menjadi bukti, walaupun tanpa bukti bukti kesejarahan. Salah satu bukti bahwa Al-Quran yang herada di tangan kita sekarang adalah Al-Quran yang turun kepada Nabi saw. tanpa pergantian atau perubahan — tulis Thabathaba’iy lebih jauh — adalah berkaitan dengan sif at dan ciri-ciri yang diperkenalkannya me nyangkut dirirya, yang tetap dapat ditemui sebagaimana keadaannya dahulu.

Dr. Mustafa Mahmud, mengutip pendapat Rasyad Khalifah, juga mengemukakan bahwa dalam Al-Quran sendiri terdapat bukti-bukti sekaligus jaminan akan keotentikannya.

Huruf-huruf hija‘iyah yang terdapat pada awal beberapa surah dalam A1-Quran adalah jaminan keutuhan Al-Quran sebagaimana diterima oleh Rasulullah saw. Tidak berlebih dan atau berkurang satu huruf pun dan kata-kata yang digunakan oleh Al-Quran. Kesemuanya habis terbagi 19, sesuai dengan jumlah huruf-huruf B(i)sm All(a)h AlR(a)hm(a)n Al-R (a)him. (Huruf a dan i dalam kurung tidak tertulis dalam aksara bahasa Arab).

Huruf ق (qaf yang merupakan awal dan surah ke-50, ditemukan terulang sebanyak 57 kali atau 3 X 19.

Huruf-huruf  ص,ع,ي,ه,ك kaf, ha’, ya’, ‘ayn, shad, dalam surah Maryam, ditemukan sebanyak 798 kali atau 42 X 19.

Huruf ن (nun) yang memulai surah Al-Qalam, ditemukan sebanyak 133 atau 7 X 19. Kedua huruf ي (ya’) dan س (sin) pada surah Yasin masing-masing ditemukan sebanyak 285 atau 15 X 19.

Kedua huruf ط (tha’) dan ه (ha’) pada surah Thaha masing-masing berulang sebanyak 342 kali, sama dengan 19 X 18.

Huruf-huruf ه (ha’) (ha’) dan م (ha’) (mim) yang terdapat pada keseluruhan surah yang dimulai dengan kedua huruf ini, ha’ mim, kesemuanya merupakan perkalian dan 114 X 19, yakni masing-masing berjumlah2.166.

Bilangan-bilangan ini, yang dapat ditemukan langsung dan celah ayat Al-Quran, oleh Rasyad Khalif ah, dijadikan sebagai bukti keotentikan Al-Quran. Karena, seandainya ada ayat yang berkurang atau berlebih atau ditukar kata dan kalimatnya dengan kata atau kalimat yang lain, maka tentu perkalian-perkalian tersebut akan menjadi kacau.

Angka 19 di atas, yang merupakan perkalian dan jumlah-jumlah yang disebut itu, diambil dan pernyataan Al-Quran sendiri, yakni yang termuat dalam surah Al-Muddatstsir ayat 30 yang turun dalam konteks ancaman terhadap seorang yang meragukan kebenaran Al-Quran.

Demikianlah sebagian bukti keontetikannya yang terdapat di celah-celah Kitap suci tersbut.

Sumber: Buku Membumikan al-Quran hal 21-22. Dr. M. Quraish Shihab

Dibaca: [post_views] Kali

Incoming search terms:

  • jumlah huruf yasin
  • berapa jumlah huruf sin dalam yasin
  • berapa jumlah huruf surat yasin
  • berapa banyak huruf dalam surah Yasin
  • surah yasin terdiri dari berapa huruf
  • Jumlah hurufa ya\ dalam surat yassin
  • jumlah huruf surat yasin
  • Jumlah huruf dalam surat yasin
  • berapa jumlah huruf Ya dalam yasin
  • berapa jumlah huruf di surat yasin
Similar articles